Pentingnya Virtual-Office (VO) Di era Digital seperti sekarang ini, memiliki keunggulan yang berbeda dari kompetitor adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Dengan semua orang yang memiliki ide serupa, perbedaan tersebut akan menguntungkan perusahaan dari segi awareness dan branding untuk mencapai tujuan akhir, penjualan, dan juga pendapatan.
Nah, salah satu kelebihan tersebut bisa didapatkan jika Anda menggunakan Kantor Virtual sebagai alamat kantor.
Namun, yang menjadi pertanyaan di benak para entrepreneur adalah, Virtual-Office manakah yang cocok untuk bisnis mereka?
Dengan meningkatnya popularitas Virtual Office di kalangan entrepreneur, penyedia layanan Virtual-Office kini kian menjamur. Banyak orang berpikir bahwa Virtual Office hanya menyewakan alamat dan layanan tambahan dalam menjaga surat dan paket untuk pengguna mereka.
Saat ini, peraturan menyebutkan bahwa membuka bisnis di Jakarta hanya bisa di area yang telah ditentukan saja. Selain itu, pemerintah sedang mencari cara untuk pembatasan pembukaan Virtual Office dengan mencakup kontrak minimum, ukuran bangunan, dan lain sebagainya.
Beruntung, hal ini tidak berlaku untuk kota lain seperti Tangerang atau kota besar lainnya. Pasalnya, peraturan di daerah tidak terlalu banyak mengatur mengenai regulasi pendirian Virtual Office.
Lalu, bagaimana Anda bisa tahu jika penyedia Virtual Office tersebut terpercaya?
Memilih Virtual-Office Yang Sempurna
Meskipun harga adalah indikator yang bagus untuk pengambilan keputusan, namun hal ini mungkin tidak berlaku ketika Anda memilih Virtual-Office.
Kata “Office” serta lokasi yang tepat sangat penting untuk awareness, trustability, dan juga image perusahaan Anda. Beberapa poin penting lain selain harga dapat mencakup :
1. Lokasi VO
Membandingkan gedung di Jakarta sebagai lokasi perusahaan sangatlah masuk akal. Jadi, pola pikir tersebut bisa Anda terapkan dalam memilih Virtual-Office.
Dengan alamat yang menarik dan bergengsi, perusahaan Anda akan terlihat jauh lebih profesional dibandingkan dengan pesaing Anda.
Selain itu, jika klien Anda mengunjungi atau mengirimkan dokumen atau paket untuk Anda dan tim Anda, akan lebih mudah untuk mencari dan mencapai lokasi yang dikenal daripada alamat yang tidak jelas.
2. Layanan dan Fasilitas VO
Dengan penyedia yang terpercaya, Virtual-Office menyediakan semua fasilitas yang bisa Anda dapatkan dari kantor konvensional. Misalnya, meeting room, lounge area, customer service, mail handling, dan lain sebagainya.
Beberapa bahkan menyediakan Private Office atau Serviced Office untuk jangka waktu tertentu jika Anda memerlukan ruang kerja. Beberapa juga dapat menghubungkan Anda dengan mitra mereka untuk memenuhi kebutuhan Anda.
3. Komunitas.
Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah komunitas dari penyedia. Ketika Anda memilih penyedia yang terpercaya, mereka cenderung sudah memiliki komunitas untuk Anda ikuti.
Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah menemukan mitra bisnis. Anda bahkan dapat terhubung dengan para entrepreneur dan perusahaan dari semua jenis industri. Sehingga bisnis Anda dapat menjadi lebih luas dan berkembang.
Saat memilih lokasi untuk alamat bisnis Anda, maka pastikan untuk mempertimbangkan ketiga poin di atas sebelum Anda memutuskan untuk menyewa Virtual Office.
Biaya yang murah memang memiliki keuntungan tersendiri. Namun, jika Anda ingin keunggulan untuk bisnis Anda, 3 hal di atas bisa menjadi pertimbangan serta referensi Anda dalam memilih virtual office.